Fakta Dari Hadiah Sepeda Jokowi

Fakta Dari Hadiah Sepeda Jokowi

Seorang anak yang bernama Irfan Hakim menjadi pembicaraan karena berani menolak pemberian hadiah sepeda “bencong” dari Presiden Jokowi yang sedang blusukan ke SMP Negeri 4 Pontianak Timur. Saat itu, anak yang bernama panggilan Ivan ini sukses menjawab soal dari Jokowi dan Irfan berhak mendapatkan satu sepeda yang tersisa. Tetapi, Ivan langsung menolaknya karena sepedanya berwarna pink. “Ndak mau, sepeda ‘bencong’,” kata siswa tersebut. Selain Ivan, juga ada Afdal Riyanto yang membuat bingung Jokowi karena tidak mau menerima pemberian sepeda darinya dalam Muktamar XII Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah (Jatman) di Pendopo Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Dia diperbolehkan duduk oleh Jokowi setelah menjawab Pancasila. Namun, dia meminta hadiahnya. “Hadiahnya, Pak,” ungkap Apdal spontan. Jokowi pun berjanji bahwa sepedanya akan diantar langsung ke alamat rumah. Tetapi, Afdal juga menolak. Dia malah ingin sepeda motor. “Enggak mau, Pak. Sudah ada dua (sepeda), Pak,” ujar Apdal. “Sepanjang saya berinteraksi dengan rakyat, baru sekali ini ada yang tidak mau (dikasih sepeda). Mau minta apa, tetapi belum tentu saya berikan,” ujar Jokowi. Pada 23 Juni 2018 lalu, Jokowi sempat bercerita di atas panggung. Permasalahanya, hadiah sepedanya sudah kurang “laku” saat ini. Dalam acara itu saja, peserta Sosialisasi Pajak Penghasilan (PPh) Final bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Denpasar, Bali, yang berhasil menjawab soal di atas panggung lebih memilih selfie bersama daripada sepeda. “Ya sudah tidak apa-apa. Terima kasih,” ucap Jokowi pasrah lalu disambut tawa seluruh hadirin.

irfan hahik
Irfan Hakim alias Ivan yang berfoto dengan sepeda pemberian Presiden Joko Widodo

Bukan hanya rakyat biasa, artis yang terkenal keren dan kece juga pernah diberikan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi. Pada 9 September 2017, Jokowi menepati janjinya menghadiahkan sepeda kepada artis Choky Sitohang. Choky datang ke Istana untuk menerima hadiah tersebut. Setelah menerima sepeda “hadiah Jokowi, Choky berkata, sepeda yang diterima oleh Choky sama dengan sepeda yang biasanya dibagi-bagikan Jokowi ketika kunjungan ke penjuru Indonesia. “Saya kira Presiden bercanda loh mau kasih saya sepeda. Eh, ternyata beneran,” katanya. Choky diberikan hadiah sepeda setelah menyinggung Presiden Jokowi yang gemar memberi hadiah sepeda saat menjadi host dalam sosialisasi tahap akhir amnesti pajak di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 28 Februari 2017. “Tadi Choky ngomong pingin sepeda. Kalau bisa jawab pertanyaan saya, saya beri,” kata Jokowi saat itu. Jokowi meminta Choky menyebutkan lima jenis ikan. Sebagian artis juga pernah diberikan sepeda saat Jokowi mengundang para artis, musisi, serta penyanyi Indonesia ke Istana Negara. Ita Purnamasari, Andre Hehanusa hingga Raisa mendapatkan kartu nama Jokowi setelah berhasil menjawab pertanyaan Jokowi untuk ditukarkan dengan sepeda nantinya.

Choky terlihat bangga saat mengambil sepeda di Istana Presiden

Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala berkata, sepeda yang diberikan Jokowi debeli dengan anggaran bantuan sosial untuk Presiden yang sumbernya dari APBN. Menurut Djumala, berdasarkan pengakuan Jokowi, ada dua alasan kenapa memilih sepeda sebagai hadiah. Pertama, sepeda adalah sarana transportasi yang sehat karena terbebas dari polusi udara. Sepeda juga dapat dipakai untuk olahraga. Alasan kedua, yang terpenting, lanjut dia, sepeda adalah kendaraan yang merakyat dan bisa digunakan oleh setiap kalangan. “Ini adalah angkutan rakyat dan semua orang suka sepeda. Multifungsi, multistrata. Bisa untuk dewasa, bisa untuk anak-anak,” ucap Djumala. “Sepedanya sih enggak seberapa, tapi tulisan hadiah dari Presiden Jokowi itu,” ujarnya. Setiap Jokowi akan menghadiri event bersama masyarakat, pihak Istana menyiapkan 5-7 sepeda Namun, jumlahnya tidak tentu tergantung jumlah warga yang datang. “Kalau jumlah masyarakat yang hadir sampai 3.000, kami siapkan 10-12 sepeda,” ujarnya. Sepeda biasanya akan dibeli di setiap toko sepeda yang ada di daerah kunjungan. Tak ada toko langganan. Ada dua jenis sepeda yang dipesan, yakni untuk pria dan untuk wanita. Sepeda untuk wanita berukuran lebih kecil. Dia berkata tidak tahu persis berapa harga tiap satu sepedanya. Tetapi, berdasarkan hasil dari internet, sepeda Polygon yang biasanya diberikan Jokowi kepada warga berkisar antara Rp 2-4 juta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *